Selasa, 22 November 2011

CONTOH PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE


Langkah Pertama:
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai


Dalam langkah ini dipilih materi  IPA untuk tingkat SD kelas IV semester 2 dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang sudah ditentukan oleh pemerintah (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Dalam contoh ini kita mengambil contoh standar kompetensi ke-10 dan kompetensi dasar no 10.3.
Langkah selanjutnya kita mengembangkan indikator berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang kita pilih. Pengembangan indikator ini dikembalikan kepada masing-masing sekolah sebagai satuan pendidikan. Sebagai contoh kita kembangkan indikator sebagai mana di bawah, yaitu no 10.3.1 sampai dengan 10.3.4

MATERI IPA KELAS IV SEMESTER 2

STANDAR KOMPETENSI

10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan


KOMPETENSI DASAR

10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut)
10.2 Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)
10.3 Mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)


INDIKATOR

10.3.1 Mendeskripsikan kerusakan lingkungan berupa banjir
10.3.2 Mengidentifikasi akibat banjir bagi kehidupan manusia
10.3.3 Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya banjir
10.3.4 Mengidentifikasi cara pencegahan banjir







Langkah Kedua:


Menyajikan materi sebagai pengantar

Materi pengantar dapat berupa apersepsi terkait materi yang telah disampaikan sebelumnya. Dalam hal ini kompetensi dasar 10.1 dan 10.2. Materi pengantar disampaikan sebagai upaya memberikan kerangka berfikir kepada siswa mengenai apa yang akan dipelajari.
Perlu dihindarkan menjelaskan materi yang akan dipelajari secara detail (rinci) dikesempatan awal. Penjelasan materi di awal  pembelajaran akan menyebabkan anak melaksanakan kegiatan berikutnya secara kaku, seperti robot. Karena seolah-olah sudah dituntun oleh penjelasan di awal pembelajaran.



Langkah Ketiga:
Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi

Perlu diperhatikan dalam pemilihan gambar:
1.      Gambar cukup jelas dan kalau memungkinkan berwarna
2.      Gambar cukup besar sehingga bisa dilihat oleh semua siswa
3.      Gambar sudah dilengkapi dengan alat untuk mendisplay. Contoh: doubletape, lem, atau yang lainnya
4.      Kalau gambar tidak cukup besar dan tidak dapat dilihat oleh semua siswa dapat dilakukan variasi dalam pelaksanaan model belajar ini sabagaimana dalam langkah empat.

Pilihan Gambar 1:
 
 (GAMBAR ORANG BUANG SAMPAH SEMBARANGAN)
 
 
Gambar 2:
 (GAMBAR SAMPAH YANG MENUMPUK)
 

Gambar 3:
 (GAMBAR HUTAN YANG GUNDUL)
 

Gambar 4:
 (GAMBAR HUJAN DERAS)
 

Gambar 5:
 (GAMBAR BANJIR)
 

Gambar 6:
 (GAMBAR AKIBAT BANJIR)
 


Langkah Keempat:
Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis

Apabila gambar tidak cukup besar sehingga tidak mampu dilihat oleh semua siswa maka perlu dilaksanakan variasi dalam langkah keempat sebagaimana berikut:
1.      Siswa dibagi dalam kelompok kecil (4 atau 5 kelompok)
2.      Gambar diperbanyak sejumlah kelompok dan dibagikan kepada masing-masing kelompok.
3.      Gambar dapat pula dibuat berbeda masing-masing kelompok namun dengan tema yang sama yaitu mengenai banjir.
4.      Masing-masing kelompok memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis.


Langkah Kelima:
Guru menanyakan alasan/dasar pemilihan urutan gambar tersebut

Variasi dalam langkah kelima ini adalah masing-masing kelompok mempresentasikan urutan gambar yang telah disusun dan menjelaskan alasan/dasar pemilihan urutan gambar tersebut. Dalam memperkaya metoda dan memperdalam materi guru juga bisa memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk bertanya, mengkoreksi, atau menambahkan presentasi dari kelompok lain.


Langkah Keenam:
Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai


Langkah ketujuh:
Kesimpulan/rangkuman

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda