Selasa, 22 November 2011

Lembar Observasi Peningkatan Kinerja Guru



SEKOLAH ...............................................................................
SEMESTER ........TAHUN AJARAN ...................



A. Data Guru

1. Nama Guru                         : ……………………………………………………………………
2. NRP                                   : ……………………………………………………………………
3. Hari/Tanggal                        : ……………………………………………………………………
4. Waktu                                 : ……………………………………………………………………
5. Jenis Kegiatan                     : ……………………………………………………………………
6. Lokasi/Kelas                       : ……………………………………………………………………
7. Mata Pelajaran                    : ……………………………………………………………………
8. Kompetensi Dasar               : ……………………………………………………………………
9. Hasil Belajar                        : ……………………………………………………………………

B. Kemampuan guru dalam membuat Rencana Pembelajaran (lesson plan) dalam satu pertemuan

Petunjuk Pengisian!
Lingkarilah angka-angka di bawah ini sesuai penilaian anda yang mewakili kemampuan guru dalam membuat rencana pembelajaran.
Semakin besar nilai yang anda pilih, maka semakin tinggi kemampuan guru dalam membuat lesson plan.

NO
ASPEK YANG DINILAI
SKOR PENILAIAN
1
2
3
4
5
1
Kelengkapan seluruh komponen yang ada di dalam lesson plan (kompetensi dasar, hasil belajar, langkah pembelajaran, metodologi, waktu , media pembelajaran, dan evaluasi)
1
2
3
4
5
2
Kelengkapan perumusan langkah pembelajaran yaitu kegiatan pembuka (opening), kegiatan inti, kegiatan penutup.
1
2
3
4
5
3
Kesesuaian menentukan alokasi waktu dalam pembelajaran (kegiatan pembuka 10%, kegiatan inti 70%, kegiatan penutup 20%)
1
2
3
4
5
4
Kemampuan mengorganisasi materi pelajaran ( dari yang mudah ke sulit, kongkrit ke abstrak, umum ke khusus)
1
2
3
4
5
5
Kemampuan penentuan alat bantu pembelajaran yang dapat merangsang minat siswa untuk belajar dan menangkap konsep yang diajarkan secara lebih dalam dan mudah.
1
2
3
4
5
6
Kemampuan dalam memilih metodologi yang mampu melibatkan seluruh siswa untuk belajar.
1
2
3
4
5
7
Kesesuaian dalam memilih alat penilaian (konsep bisa berupa tes lisan dan tulisan, keterampilan bisa berupa praktek dan pengamatan dan siap berupa pengamatan)
1
2
3
4
5
8
Kejelasan dalam prosedur penilaian.
1
2
3
4
5

Komentar Observer
…….
 

B. Kemampuan Guru dalam melaksanakan prosedur penilaian pembelajaran di dalam kelas.


NO
Kesiapan Guru sebelum Memulai Pembelajaran
SKOR PENILAIAN
1
2
3
4
5
1
Kesiapan guru yang berhubungan dengan materi atau bahan ajar yang akan disampaikan kepada siswa (Apakah guru sudah menguasai di luar kepala atau masih membuka-buka buku)
1
2
3
4
5
2
Kemampuan guru dalam mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan selama pembelajaran (Setting kelas, pembagian kelompok, media yang dibutuhkan, lembar tugas dan alat evaluasi)
1
2
3
4
5
3
Kesesuaian pembuatan lesson plan dengan apa yang diajarkan di lapangan
1
2
3
4
5

NO
Kemampuan guru dalam melaksanakan langkah-langkah pembelajaran di kelas
SKOR PENILAIAN
1
2
3
4
5
1
Kemampuan mempersiapkan kondisi siswa untuk belajar (mengucapkan salam, dll)
1
2
3
4
5
2
Kreatifitas guru dalam menarik perhatian siswa ketika memulai pembelajaran
1
2
3
4
5
3
Kemampuan guru dalam mengaitkan apa yang dipelajari pada pembelajaran sebelumnya dengan apa yang dipelajari saat ini
1
2
3
4
5

NO
Kemampuan melaksanakan kegiatan inti
SKOR PENILAIAN
1
2
3
4
5
1
Kemampuan guru dalam menjelaskan konsep yang diajarkan secara sederhana dan mudah dimengerti
1
2
3
4
5
2
Kemampuan memberi contoh yang dapat meningkatkan pemahaman siswa
1
2
3
4
5
3
Kemampuan memfasilitasi siswa sehingga mampu menemukan sendiri konsep yang diberikan
1
2
3
4
5
4
Kemampuan melaksanakan pembelajaran dengan urutan yang logis (mudah ke sulit, kongkrit ke abstrak, umum ke khusus)
1
2
3
4
5

NO
Kemampuan Guru dalam mengorganisasi waktu, media pembelajaran dan manajemen kelas
SKOR PENILAIAN
1
2
3
4
5
1
Kemampuan memanfaatkan waktu yang tersedia dengan ketuntasan belajar siswa
1
2
3
4
5
2
Apakah guru menggunakan media pembelajaran? Bila ya lanjutkan ke point berikutnya
1
2
3
4
5
3
Kemampuan memilih media yang mudah didapat, mudah dibuat, dan mudah digunakan dalam pembelajaran
1
2
3
4
5
4
Kemampuan membuat media yang dipilih dalam meningkatkan pemahaman siswa
1
2
3
4
5
5
Kemampuan media yang dipilih dalam meningkatkan pemahaman siswa termasuk siswa yang duduk di belakang
1
2
3
4
5
6
Kemampuan media dalam mempertahankan minat belajar siswa selama pembelajaran
1
2
3
4
5
7
Kemampuan memilih kegaitan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi kelas, materi, lingkungan
1
2
3
4
5

NO
Kemampuan melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar
SKOR PENILAIAN
1
2
3
4
5
1
Kemampuan memilih jenis penilaian yang sesuai dengan hasil belajar yang ingin dicapai
1
2
3
4
5
2
Kemampuan melaksanakan penilaian selama PBM berlangsung
1
2
3
4
5
3
Kemampuan melaksanakan penilaian pada akhir pelajaran
1
2
3
4
5

NO
Kemampuan manajemen suara
SKOR PENILAIAN
1
2
3
4
5
1
Kemampuan manajemen suara guru, sehingga dapat didengar oleh seluruh siswa
1
2
3
4
5
2
Kemampuan mengatur tinggi rendah dan volume suara guru selama pembelajaran
1
2
3
4
5
3
Kemampuan manajemen suara dalam menangani sikap siswa yang tidak diinginkan
1
2
3
4
5

NO
Kemampuan mengakhiri pembelajaran
SKOR PENILAIAN
1
2
3
4
5
1
Kemampuan memberikan ringkasan dan bersama-sama siswa menyimpulkan apa yang dipelajari dalam pertemuan
1
2
3
4
5
2
Kemampuan tindak lanjut
1
2
3
4
5

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda